Senin, 13 April 2015

Museum Bahari

Laporan Study Tour Museum Bahari
sejarah
Pertanyaan:
1.Jelaskan latar belakang sejarah berdirinya Museum Bahari:

Pada masa pendudukan Belanda bangunan ini dulunya adalah gudang yang berfungsi untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi, seperti rempah-rempah yang merupakan komoditi utama VOC yang sangat laris di pasaran Eropa. Bangunan yang berdiri persis di samping muara Ciliwung ini memiliki dua sisi, sisi barat dikenal dengan sebutan Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat (dibangun secara bertahap mulai tahun 1652-1771) dan sisi timur, disebut Oostzijdsche Pakhuizen atau Gudang Timur. Gudang barat terdiri dari empat unit bangunan, dan tiga unit di antaranya yang sekarang digunakan sebagai Museum Bahari. Gedung ini awalnya digunakan untuk menyimpan barang dagangan utama VOC di Nusantara, yaitu rempah, kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil.Pada masa pendudukan Jepang, gedung-gedung ini dipakai sebagai tempat menyimpan barang logistik tentara Jepang. Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini dipakai oleh PLN dan PTT untuk gudang. Tahun 1976, bangunan cagar budaya ini dipugar kembali, dan kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Bahari.


2.Tuliskanlah nama-nama kapal yang ada di museum bahari, beserta tujuan kedatangan kapal-kapal para pedagang trsebut ke Indonesia:
a)      Kapal Phinisi : kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia. Pada perang dunia kedua perahu pinisi digunakan oleh tentara Jepang untuk keperluan perang sehingga menjadi target serangan udara dan laut para lawannya.Meski demikian armada pinisi kala itu ditenggelamkan, pelayaran tradisional tetap merupakan salah satu pilar utama pengembangan RI yang baru terbentuk setelah Jepang menyerah.
b)      Kapal Lancang : Lancang berarti perahu. Pada masa lalu dikenal jenis Lancang dari Sumatera, Banten dan Kalimantan, model lancang Kuning Koleksi Museum Bahari adalah perahu untuk pesiar bagi raja dan keluarga.Disamping itu dipakai oleh para hulubalang, laksamana dan petinggi kerajaan untuk kegiatan perang dan patroli wilayah kekuasaannya, khususnya di kepulauan Riau.
c)      Kapal Gelati : Gelati adalah jenis perahu nelayan yang memegang peranan penting di selat Bali.Perahu yang disebut Jung Raje oleh orang madura ini mendominsai dermaga di setiap pelabuhan perikanan di sepanjang pantai Utara Jawa. Rangka dan badan perahu terbuat dari kayu jati dengan panjang 12 meter dan lebar 2.6 meter serta berawak 18 orang.Dalam pelayaran lagu-lagu tradisional (termasuk dangdut) disetel melalui pengeras suara yang dipasang ada tiap layarnya yang berbentuk segitiga.

3.Jelaskan Latar belakang perdagangan luar negeri datang ke indonesia: Jatuhnya kota Konstantinopel (Ibu Kota kerajaan Romawi Timur) ke tangan Turki Usmani tahun 1453,kemudian bangsa Turki menutup Konstantinopel untuk orang Eropa akibatnya di Eropa terjadi kelangkaan rempah-rempah, maka mulailah mereka mencari Negeri asal rempah-rempah.
Tujuan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia : 3 G :
1. GOLD, mencari kekayaan (rempah-rempah)
2. GLORY, mencari Kejayaan (menjajah)
3. GOSPEL, menyebarkan agama Nasrani.









J.H.A. Bagaskara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar